Langsung ke konten utama

Roda Hidup Terus Berputar

" Roda-roda terus berputar...
Tanda masih ada hidup..." - Song Liric

Ya, roda hidup memang teruslah berputar.. tanda kehidupan kita memanglah masih "hidup".. Melihat definisi "hidup" sendiri, kita bisa mengetahui bahwa hidup adalah suatu dinamika. tidak ada dinamika, tidak hidup.. Hidup itu bukan stagnansi. Hidup itu adalah proses yang berkesinambungan.. Dan proses adalah suatu pergerakan.. Gerakan adalah perpindahan posisi.. Perpindahan posisi berarti perpindahan kedudukan.. Dari titik awal ke titik selanjutnya..

Sebuah petuah dari saya, untuk kita semua.. Termasuk untuk saya sendiri terutama..
Bukan sebagai tindakan "sok menggurui" namun sebagai tindakan "saling berbagi"

Untuk yang merasa sedang berada di atas, dan untuk yang merasa sedang berada di bawah..
Ingatlah kata2 kausatif saya di paragraf 1.. bagai mana hidup itu terkait dengan perpindahan dari satu titik ke titik selanjutnya.. Roda berputar bukan berarti kita akan selalu mengalami kemunduran setelah kemajuan dan sebaliknya.. Namun lebih pada hakikat roda itu sendiri.. Roda sering kita kaitkan sebagai suatu alat yang membuat suatu benda bergerak.. Tinggal apakah kita membuat roda kita bergerak maju atau mundur..
Sebagai contoh jika anda sedang berada di titik teratas roda, siap untuk berputar ke depan, maka yang anda lakukan adalah bersiap2 dengan sungguh2 agar ketika anda melaju kedepan, pastikan anda memutar roda  lebih cepat ketika anda berada di bawah.. sehingga waktu anda saat di puncak adalah lebih panjang ketimbang waktu anda saat harus berada di bawah.. Dalam bahasa lugasnya, jangan terlalu lama terpuruk di bawah.. dan secepatnya bangkit berdiri..

Tapi kata tinggallah kata jika kita telah melupakannya..
selama kita masih ingat dan masih menjaga segenap kepercayaan kita, saya rasa berpikir positif ketika kita sedang terpuruk bukanlah hal yang sulit.. yang perlu kita lakukan adalah kita perlu membangun diri.. bukan dengan malah berpikiran "aku sedang terpuruk, aku sedih, aku menyedihkan, aku merana.." dan sebagainya.. namun bukalah pikiran anda dengan pernyataaan dan pertanyaan2 membangun seperti " aku bisa melewatinya, aku di kuatkan Tuhan, Tuhan selalu ada bersamaku, setiap kesulitan ada kemudahan, aku akan terus berusaha, aku harus tetap semangat" dan sebagainya..



Seringkali orang yang telah merasakan terlalu lama berada di atas bisa2 hatinya akan mati.. mati oleh gelimang prestis, mati oleh gelimang kebanggaan yang berlebihan.. sehingga menjurus pada sesuatu yang disebut Takabur..
Merasa : " tak ada sesuatu yang sulit bagiku karena aku pintar, pandai, dan pasti mampu.."
Sedangkan Tuhan memberikan kita perasaan seperti itu adalah untuk menguji kita, masih mampukah kita untuk lebih lama berada di atas, atau Tuhan akan membuat keputusan untuk mencabut nikmat itu sehingga tiba giliran anda untuk kembali merasakan beratnya berada di bawah..

Takabur.. sesuatu yang biasanya sangat jarang di sadari oleh setiap orang yang telah lama berada di atas.. Lalu diikuti dengan sifat riya (pamer) , membanggakan diri, haus pujian, dan gila hormat..
Dia merasa bahwa dialah yang terbaik.. semua orang mengakui kemampuannya, dan dia ingin semua orang selalu memujinya..
Inilah tanda2 ketakaburan yang jarang kita sadari.. tapi ketahuilah bahwa orang2 di sekitar anda lebih peka.. mereka akan lebih mudah mennyadari perubahan sikap anda yang dulunya rendah hati dan selalu menghargai pendapat orang lain, menjadi seseorang yang angkuh dan sombong.. Maka, mari kita instropeksi diri sendiri, bahwa semua ini bersifat sementara.. Berada di atas bukanlah sebuah naungan dimana kita berpikir kita pantas selalu berada di dalamnya.. namun berada di atas adalah suatu pencapaian yang membutuhkan pengorbanan, serta kesadaran akan selalu rendah hati dan mengingat bahwa di atas langit masih ada langit..
Jangan pernah menyepelekan orang lain dan menganggap kita ini sudah lebih baik dari mereka atau mereka itu bukan saingan kita..
Jangan pernah.. karena kita tidak tau, mungkin saja saat itu adalah giliran kita ditakdirkan untuk "meroda kebawah" dan mereka sedang di takdirkan untuk "meroda ke atas".. Segala kemungkinan itu terus ada selama kehidupan ini ada..

Dan bagi yang sedang merasa terpuruk di bawah, saya sarankan anda untuk memperdalam ilmu agama.. Sebagai orang Islam saya sangat percaya pada ayat dengan terjemahan " Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" QS.Al Insyirah..
Dengan begitu pikiran kita akan cenderung berkembang untuk memikirkan kemungkinan2 positif.. Tak akan selamanya kita berada di bawah terus menerus sepanjang hidup kita.. Kita pasti suatu saat di takdirkan untuk berada di puncak, namun kita lah yang menentukan kapan "suatu saat" itu akan terjadi.. Apakah secepatnya atau selambat-lambatnya..
Tuhan Maha Adil, akan mengubah suatu kaum dengan syarat mereka sendiri mau berusaha mengubahnya.. Janji Tuhan tidak akan pernah teringkari..

So, kata orang jawa, "Pinter nanging ojo nganti Keblinger"

Jangan sampai kelebihan mu membuatmu lengah untuk berlaku sombong, takabur, dan angkuh..
Jangan sampai kekurangan mu membuatmu terpuruk dan minder..

Karena di 1 kekurangan ada 1 kelebihan
Karena di 1 kesulitan ada 1 kemudahan
Karena di 1 jalan buntu ada 1 jalan keluar
Stay Cool..~
Keep Spirit..!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The New Blog

Dedicated for My Lovely Brother and Sister

Buat dua kakak ku tercinta : Afif Imaduddin dan Irfani Fithria Ummul Muzayanah ----------------------------------------------------------- Salam dari adekmu, Rossi Rizki Bestari.. Aku tau nggak semua orang beruntung bisa punya kakak laki-laki dan kakak perempuan. di tambah status menjadi adek paling bungsu. Dan menjadi adek kalian adalah suatu anugerah takdir tersendiri yang paling indah. Kira kira "hampir" 18 tahun yang lalu aku hadir dalam keluarga ini. Keluarga yang di ketuai oleh seorang imam yang cerdas dan tangguh beserta wakil ketua seorang wanita shalihah yang perkasa. Kini silsilah pohon kehidupan itu semakin bercabang dan semakin berkembang. Yang mulanya hanya terdiri dari 5 orang anggota inti, sekarang sudah ter'register' 4 anggota inti baru. Dan in sya Allah masih akan ada anggota-anggota inti baru lagi yang akan bergabung di kemudian hari.