Langsung ke konten utama

Dare to have a Solo Female Backpacking !!

Hai hai.. Gmorning! karena gue bikin entrinya pagi2 yaudalaya gmorning..

Jadi gini, sebenernya gue udah menceritakan kejadian ini ke banyak orang, tapi tetap ada sebagian orang yang kurang paham : Mengapa gue solo banget backpacking ? Jomblo ya ? Kesepian ya ? Gak ada yang mau di ajak ya ?. omong kosong itu semua.

Niatan ini dimulai ketika gue benar-benar jenuh dengan keramaian. (FYI gue introvert) Secara random gue tiba2 chat bestfriend gue dan bilang gue pengen traveling sendirian. Wal hasil doi bilang pasti wacana -___-"
Awalnya gue iseng2 di mulai dengan menentukan tujuan. Ke mana yaa kemana yaaa.. Lalu tercetuslah ide untuk ke Bundang . alias Bandung marbundang. Why Bandung ?
Kotanya sejuk, hawa adem, tata kota cantik, reachable, aman, aksesabilitas tinggi, dan banyak kenangan. ups. ga deng yang terakhir.

Akhirnya gue browsing2 tempat apa yaa yang enak.. apa yaa.. Tahura, Cihampelas, Curug, ... hmm tiba2 gue scrolling TL BBM dan menemukan wanda memasang DP dengan background bunga2 cantik.. bertanyalah gue : Wan itu dimana? , lalu Wanda bersabda : Taman Begonia. Whooaa gue browsing lagi dan itu reachable banget. worth enough lah. Lalalalalaaa singkat cerita setelah bertanya2 ke teman2 asli Bandung akhirnya jadilah destinasi pertama gue akan nongkrong cantik di Lawangwangi Artspace, kemudian ke Jalan Braga, dan ke Taman Begonia.. Yeaah cukup sedikit destinasi dalam 2 hari 1 malam..

Anyway, gue pengen menekankan lagi yah buat yang udah lupa.. Jadi tujuan utama gue adalah mencari ketenangan, gue ga murni mau menjelajahi wisata bandung.. maka dari itu gue lebih memilih gabut2an di 1 tempat nyaman daripada harus mengejar waktu di banyak tempat..
Kalo kata lagunya Fergie sih : "I need my self in center, clarity, peace, serenity" udah. itu adalah alasan utama gue. Dan bukan berarti ga ada yang nawarin jemput atau nawarin jadi tour guide di Bandung sana.. Adaa.. adaa.. perlu di sebutin ? gausahdeh paling juga gakenal wkwk pokonya ada.

Akhirnya gue menyusun segalanya dengan matang dan di dorong motivasi dari teman tergaplek gue bernama Sutet, yang dengan sangat menyepelekan bilang gue pasti wacana, akhirnya gue bergegas memesan hotel dan membeli tiket kereta tgl 26 dan 27 agustus 2015 dan gue foto dan gue kirim ke dia ! pffft sial uga.
Besoknya, saat gue masih di Madiun, gue minta teman terbaik gue bernama Vickie Ibnu Fathul Huda alias Unyink untuk menemani gue belanja. Ah andai di Depok ada Unyink pasti enak di jemput2 wkwkwk oke abaikan. Baiklah akhirnya kami berdua beli tongsis dan alat pertahanan diri. Kita bingung antara bubuk cabe atau lada putih. Tapi karena radiusnya yg sangat tidak "melindungi" akhirnya kami memutuskan untuk membeli Baygon sebagai alat self defense. wkakaka :D Selain itu juga gue udah browsing2 di youtube seputar Woman self defense techniques. How prepare i am !

Langsung Mulai saja dari perjalanan kitaaa !! eh perjalanan gue deng.. heheh

DAY 1

gue berangkat dari kosan tercinta pukul 7. Setelah itu gue sarapan bubur ayam langganan di dekat Gerbang Kutek, lalu ngojek ke stasiun UI. menunggu beberapa saat dan kena rush hours di KRL menuju Jakarta Kota. . Sejam kemudian gue sudah duduk cantik di stasiun Gambir menunggu kereta. Gue sempatkan membeli 2 potong roti untuk bekal jika kelaparan nanti.



Pukul 9.30 gue masuk ke peron dan menunggu kereta yang baru datang jam 10.15 di area free charging. Cukup sepi sih karena ini weekdays.
3 jam perjalanan menggunakan Argo Parahyangan. Kali ini karena backpacking gue membeli tiket kelas bisnis, yang baru gue tauuu ternyata kereta bisnis AC nya itu pake AC rumahan like this pict :



OMG.. unik yaw.. keren juga.. bahkan 1 kereta ada 5-6 AC kek begitu.. wahh baru tau..
Untuk berangkatnya gue beli tiket seharga 75.000 dan untuk pulangnya, karena gue ngerasa 75.000 terlalu murah dan kelas bisnis, akhirnya gue membeli tiket yang jauh lebih mahal. (mulai songong). dan tiket pulang gue sehargaaaaaa 80.000 !! wkwk tetap kelas bisnis.

Pukul 14.15 gue sampai di Stasiun Bandung yang cantik.



Lalu melakukan sholat favorit gue yaitu Jamak Qasar Dhuhur-Ashar 2 2. wkwkwk. dan kemudian untuk pertama kalinya gue order Gojek. baru beberapa detik gue order langsung ada driver dan si bapak telfon nanya gue posisi dimana. Kalo gasalah namanya pak Atik Komarudin. No Gojek Attribute. si Pak Atik ini rada amatir sih emang, yaa disamping Gojek Bandung emg sangat baru, pun si Bapak Gatau jalan alias entah lupa atau gimana doi bingung Jl. Ir. H. Djuanda yang terkenal itu letaknya dimana. Yaudadeh kita nanya2 arah. Alhamdulillah akhirnya sampai juga ke Penginapan yang dituju. Bernama Dago Inn. Penginapan khusus muslimah yang hanya mematok harga single room 75k saja. Murah bukaan? Hawa dingin + Kasur Empuk + Selimut Hangat. Perfecto lah. Cukup nyaman untuk harga segitu.
15 menit leyeh2 manja, gue pamit sama ibu penjaga Dago Inn untuk cao lagi. Gue order Gojek lagi menuju Lawangwangi Artspace. Gojek kedua gue ini juga lebih amatir daripada gojek pertama. Rem motornya blong coba ! trus sempet nabrak belakangnya mobil gitu -__- astaga.. trus dia bawa motornya ngebut lagi. Ya Allah lindungi hamba. aand Alhamdulillah sampailah gue di Lawangwangi Artspace. WOw jadi ini yang katanya hits itu. Lumayan sih, ada seni2 gitu lukisan2 dan patung2 rupawan. Lalu gue keluarkan tongsis gue dan mulai memotret diri sendiri alias selfie. Tapi ga pajang foto selfie yak.. terlalu maya dunia blogger. Sebagai gantinya gue upload foto emak2 sosialita aja.. wkwk




Karena belum makan siang, akhirnya gue ga lama2 selfie nya. Langsung gue menuju ke cafenya dan pesan makanan. Gue mengira bahwa di sini mahal dan porsinya kecil. Makanya gue pesan 2 menu.
Eh ternyata, makanannya sebanding dengan harganya.. Yah worth enough lah..





Horor yak pintunya,, wkkwk ada bayangan gue.. itu pas malem ajasih.. kalo siang sore ya canti2 aja kok gate nya :)

Gue memesan 1 Grilled Chicken Teriyaki + Beef Omlette + Moonstruck. dan semuanya bertotal seratus l.. (sebagian teks hilang) . wkwk


Setelah puas berfoto2 dan nongkrong cantik sambil menghirup ketenangan, teman sejawat gue di bandung menawari untuk ketemuan. yaudah gue iyain. Gue order gojek lagi. Nunggu 5 menit. No driver found. Order lagi. nunggu 5 menit lagi. Not found lagi. Gue mulai panik. Temen gue nawarin jemput tapi antara iya atau enggak. Gue bilang "Ke sini aja" dia cuma bales "Pengen sih" dengan penuh keragu2an -__- akhirnya gue memutuskan untuk order taksi saja. Alhamdulillah dengan segala persiapan gue, gue nyimpen nomer taksi bandung, nomer polres bandung, polda jabar, wah semua deh. wkwk
Dan sejam kemudian setelah menunggu dengan sangat gabut akhirnya taksinya dateng.
"Ke jalan plesiran ya pak.. Depannya patung badak singa" begitu gue bilang. dan Kami lgsg cuss ke kosan dedek Kholish.
sesampai di jalan plesiran, karena dulu gue udah pernah kesini, jadi gue tau di mana berhentinya. hehe
dan setelah itu gue dengan polosnya nanya : Mana patung badak singanya??
KHolish : Badak singa itu nama jalan bukan patung WKWKWK
Gue : Oalaaah.. gue pikir patung. semacam Merak Indah di Madiun yang ada icon meraknya wkwk

Setelah itu gue numpang pipa ke kosan dek holis. (pipis maksudnya) trus bertemu dengan Afin yang sedang sibuk dengan laptopnya. Lalu berlalu lagi.
Kemudian gue. olis, janjian sama wanda dan ola pergi ke jalan braga dan minum2 cantik di Suga Rush..

Jam telah menunjukkan pukul 22.00 dan gue bilang ayo kita pulang aja daripada nanti kalian kemalaman sampai di kosan apalgi besok kuliah HAHA kuliah.
Alhamdulillah, hari ini berakhir dengan lumayan lancar. Sesuai jadwal. dan masih dalam lindungan Allah :) Gnite.

DAY 2

gue bangun jam 5. tapi benar2 bangun jam 5.15. Kemudian sholat dan leyeh2 mager. Duh mager banget klo jalan pagi2. masi enak di penginapan.yaudah gue molor ampe jam 7 baru bergerak packing dan jam 8 baru check out. Gue order gojek dulu sebelum keluar dari penginapan karena gue trauma gara2 kemaren "ngoyot" sejam nungguin. setelah beberapa menit di mang gojek meng-approve order gue. Rohman Sutisna. Gue bilang ke Taman Begonia di Lembang. TApi kok petanya ke bawah dan di Jalan Bukit IDaman ? apa gue salah? Si mamang gojek juga ragu, trus doi ngikutin aja petanya. sejam perjalanan kita ga nyampe2 malah nyasar di Taman Begonia yang ternyata adalah nama hotel. Astagfrullah-___- lalu si mamang bilang : Waduh neng, bener kita tadi atuh yang naik ke Dago Giri. Tapi gapapalah skalian jalan2 deh.
Karena gue merasa bersalah juga gue bilang lah : Maaf ya mang maaf banget. saya teh juga gatau tadi. Yaudah nanti saya tambahin ongkosnya. (yeah sehari di bandung logat gue udah sunda banget)
Mamang : Iya iya gapapa kok. Kita sekalian lewat atas aja biar ga macet.
Gue : oh iya.. makasi ya maang..


Lalu kita lewat jalan menuju Bosscha, (kenapa gue bisa tau? karena gue inget aja.. uhuk.)
Dan setelah 1,5 jam bergojek akhirnya sampai di Kebun Bunga Begonia, Lembang jalan MARIBAYA. bukan BUKIT IDAMAN. heell. Akhirnya karena mamang yang begitu baik gue kasi doi 50.000. Trus doi nawarin mau jemput. Oh Ya Allah makasih, You're the MOST gracious the most merciful..Terimakasih ya Allah. Alhamdulillah dipertemukan dengan Mang Uplis si Gojek baik hati. Gue bingung juga baliknya nanti naik apa. Untung si mamang nawarin jemput. :) Alhamdulillah.

Yak dan di Begonia sungguh indah. Gue foto2 sepuasnya. Ah cantik banget daah









Oh iya btw gue cuma makan sepotong roti yang gue beli di stasiun kemarin. ROti terakhir yang gue punya. dan Gue laper. Daaaan tragisnya di Begonia lagi ada acara entah acara ibu2 sosialita karaokean gitu sehingga cafe nya ga buka. Ya Rabb :( Laper. Kata Masnya sejam lagi yaitu jam 11. Tapi gue kesitu jam set 12 dibilang lagi sejam lagi. anjirlah. Mana ga ada makanan. hiks. Akhirnya jam 12 an gue memutuskan untuk pulang saja mengejar kereta yang masih jam 16.15 tapi berhubung gue lapeeerrr gue bilang ke Mang Uplis lgsg ke stasiun Bandung aja. Mau cari makan.
Sesampai di St, Hall alias St. Bandung, si mamang bilang : Jangan kapok ya neng ke Bandung. gue bilang : Iya mang. makasih yaaa. :) ting. Dan tuk utuk utuk gue masuk ke stasiun. Anjir lagi ! ga ada restoran! Astagfirullah cobaan apalagi ya Allah. gue mengedarkan pandang di sekitaran, hanya ada cafe cantik yang menunya cuma es krim2an.. dan makanan terberat yang ada adalah Kebab yang bermerek "Kebab Blasan 75" Oke. Akhirnya gue beli Kebab ukuran Jumbo. dan Masih laper -__- sementara restoran ada di dalam peron which is gue hanya boleh masuk minimal 1 jam sebelum keberangkatan. Sedih amaat. Plus saat gue gabut dan mencari2 teman chatting, hapenya lowbat trus powebank nya abis. YA RAAABB. Alhamdulillah dengan segara preparing gue yang super matang wehehe gue bawa tab, gue kirim kontak2 teman yang chatting ama gue dan gue lanjut chat ama mereka via tab.
3 jam berlalu dengan sangat berat. akhirnya gue masuk ke peron dan menemukan kedai Hokben. Alhamdulillaaah. Akhirnya gue pesen bungkus. Tapi sebelum gue makan, kepala gue pusing banget. entah kenapa. plus gue beli strawberry smothies  yang sangat manis dan menambah kepusingan gue. Akhirnya di kereta gue makan hokben separo. Mengisi perut. Kemudian tidur sebentar. Bangun2 kereta belum jalan juga -__- tapi pusing sudah berkurang.

3 jam perjalanan dengan Argo Parahyangan, akhirnya gue turun di Jatinegara. Trauma karena dulu sempat nyasar naek kereta yang jurusan bgor tapi lewat kampung bandan, gue memutuskan untuk ke jalur 2 saja menunggu kereta ke Manggarai dan gue pindah kereta ke Depok. Kereta ke Manggarai cukup longgar dan nyaman. Kemudian gue turun dan pindah ke Jalur 6. Kereta datang dengan segala sisa sisa rush hours. Gue masuk dan kegencet. TUbuh mungil gue berada di antara bapak2 yang notabene lumayan brutal pas masuk sehingga Hokben yang gue jaga untuk selalu sejajar horisontal akhirnya terpaksa gue dekap. Gue sudah tau bahwa di dalam sana nasi gue akan porak poranda bersama lauk2nya. Tapi daripada stereofoamnya ancur di gencet bapak2 brutal yaudahlahya. 8 stasiun menuju Stasiun UI. Masyaa Allah lamanyaa. Gue berhitung. Bersyukur kepada setiap stasiun yang semakin mendekatkan gue ke tujuan. Gue terus menguatkan diri diantara gencetan bapak2. 3 2 1 stasiun lagi dan gue masih bertahan dengan pundak gue yang mulai kram karena tas gue semakin berat karena ditarik ibu2 yang mencari pegangan. Karena rame banget yaudalahya gue gelendotin aja orang2 jadi gue berdiri sambil nyandar ke orang entah itu siapa bodo amat gue gelendotan aja ke belakang. Sampai kereta mulai berkurang kepadatannya di stasiun Lenteng Agung dan gue mulai berdiri dengan daya gue sendiri.

Finally gue sudah touchdown Stasiun UI dan sangat amat bersyukur gue bisa kembali lagi ke sini dengan keadaan sehat dan utuh. Dan sesampai di kosan gue semakin bersyukur lagi, plus kelaparan, jadi gue buka lah sisa hokben tadi yang gue sudah memprediksi bagaimana messy nya. Taraaa sudah bersatu semua sambel, mayonaise, salad, udang, teriyaki, udah jadi 1. Yaudalaya tambah enak gaperlu nyampur2 -__- lalu gue habiskan tak bersisa karena gue jadi lebih menghargai makanan sekarang setelah kelaparan di Begonia. Di tengah2 temen kosan gue ngetok pintu dan bilang : Rossi, bisa bantuin ngerangkai bunga gak buat jualan docdays besok di wisuda?
Antara gimana dan bagaimana ya.. yaudah tp gue bilang masi makan dan mau mandi dulu. Sebenarnya gue pgen lgsg tidur. TApi yaudalaya masa dia mau ngerangkai bunga sendirian. AKhirnya gue bantuin doi.
Sampai jam set 11 an gue dan dia udah sama2 ngantuk dan yasudahlah dilanjut besok saja.

Alhamdulillah..
Aku sangat bangga dengan diriku sendiri..
Ternyata aku bisa dan berani..
Solo Traveling ini mengajarkanku banyak hal..

TIPS AND TRICKS TO BE A SOLO FEMALE BACKPACKER :
- prepared well.
Siapkan : Baju secukupnya, bawaan jangan banyak2, bawa kamera, bawa minum, bawa makanan at least roti,
- atur jadwal dengan waktu yang spesifik
- estimasi molornya waktu
- cari tempat destinasi yang reachable dan aman aksesnya
- hindari traveling malam2 kecuali bersama orang yang kamu kenal
- catat nomor telfon penting seperti , catat yaa di kertas, bukan cuma di HAPE :
1. nomor telfon teman yang ada di kota tersebut
2. nomor telfon polisi
3. nomor telfon taksi
4. nomor telfon keluarga
- siapkan contingency plan jika hape lowbat, powebank tidak cukup
- siapkan self defense. Boleh dicoba : semprotan cabe, kalo susah ya baygon ajalah.
- browsing teknik2 pertahanan diri bagi wanita. Penting! You have to be a strong girl !
- selalu jaga barang2 dengan baik
- hafalkan nama jalan tempat tujuan
- cari rute angkutan umum untuk worst case
- kirim nomor2 penting ke teman2 terdekat kamu
- hafal nomor hape teman2 yang bisa menjangkaumu
- jangan terlihat bingung. kalaupun memang bingung, menepilah, berpikir jernih. lihat sekeliling. Tanya pada petugas resmi yang terpercaya.
- bagi yang muslim, sholat safar sebelum pergi2.
- Berdoa dan selalu ingat Tuhan.


Last but not Least
Pelajaran yang saya dapat setelah melakukan solo traveling :

Kamu akan jadi pribadi yang baru :
1. Menghargai Waktu
2. Menghargai Uang
3. Menghargai makanan
4. Ingat bahwa keluarga dan kebersamaan adalah sesuatu yang berharga
5. Bangga terhadap diri sendiri
6. Lebih tenang dan bijak dalam mengambil keputusan
7. Mencapai kepuasan batin
8. Menambah kenalan orang-orang lokal
9. Mengasah kepekaan sosial
10. Menjadi lebih waspada dan hati2
11. Semakin bersyukur karena semakin merasa bahwa Allah meliindungi kita, bahwa nikmat dan karunia Allah begitu nyata.
12. Menambah wawasan wilayah
13. Kalau pun nyasar, selalu yakin Allah akan menolong kita.


:) Thanks for Reading..
Maaf kalau ada kata2 yang kurang tepat..
Maaf kalo penulisnya nyebelin.. wkwk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The New Blog

Dedicated for My Lovely Brother and Sister

Buat dua kakak ku tercinta : Afif Imaduddin dan Irfani Fithria Ummul Muzayanah ----------------------------------------------------------- Salam dari adekmu, Rossi Rizki Bestari.. Aku tau nggak semua orang beruntung bisa punya kakak laki-laki dan kakak perempuan. di tambah status menjadi adek paling bungsu. Dan menjadi adek kalian adalah suatu anugerah takdir tersendiri yang paling indah. Kira kira "hampir" 18 tahun yang lalu aku hadir dalam keluarga ini. Keluarga yang di ketuai oleh seorang imam yang cerdas dan tangguh beserta wakil ketua seorang wanita shalihah yang perkasa. Kini silsilah pohon kehidupan itu semakin bercabang dan semakin berkembang. Yang mulanya hanya terdiri dari 5 orang anggota inti, sekarang sudah ter'register' 4 anggota inti baru. Dan in sya Allah masih akan ada anggota-anggota inti baru lagi yang akan bergabung di kemudian hari.

Roda Hidup Terus Berputar

" Roda-roda terus berputar... Tanda masih ada hidup..." - Song Liric Ya, roda hidup memang teruslah berputar.. tanda kehidupan kita memanglah masih "hidup".. Melihat definisi "hidup" sendiri, kita bisa mengetahui bahwa hidup adalah suatu dinamika. tidak ada dinamika, tidak hidup.. Hidup itu bukan stagnansi. Hidup itu adalah proses yang berkesinambungan.. Dan proses adalah suatu pergerakan.. Gerakan adalah perpindahan posisi.. Perpindahan posisi berarti perpindahan kedudukan.. Dari titik awal ke titik selanjutnya.. Sebuah petuah dari saya, untuk kita semua.. Termasuk untuk saya sendiri terutama.. Bukan sebagai tindakan "sok menggurui" namun sebagai tindakan "saling berbagi" Untuk yang merasa sedang berada di atas, dan untuk yang merasa sedang berada di bawah.. Ingatlah kata2 kausatif saya di paragraf 1.. bagai mana hidup itu terkait dengan perpindahan dari satu titik ke titik selanjutnya.. Roda berputar bukan berarti kita akan s