Langsung ke konten utama

Dear Diary

Nah, guys, ini cerita aku dapet dari Ibuk.. suatu sore tbtb ibu sepulang dari rumah bantengan nyodorin seberkas majalah Nurul Hayat dan suruh baca halaman 35 sampai selesai..
my mom said " kita banget" wkwk tapi emang bener sih.. cerita ini inspiring banget.. maka dari itu aku jg pengen berbagi sama kamu2.. sebelum selesai baca jangan ada yg marah yaa.. ini ceritanya aku tulis ulang PLEK sama artikel di majalahnya.. So, Check it out ~ and get the POINTS !! :D



Dear Diary

23 Juni 2013

        Dear Diary, hari ini aku berantem lagi sama dia. Iya, dia yang selama ini kupanggil "Mama" . Heraaan deh. Aku kan darah daging nya. Harusnya mama bisa ngertiin aku banget kan ? tapi, mama ku emang bukan nyokap biasa. Adaaa aja omelannya ke kupingku saban hari. Mulai dari hal-hal remeh sepertikalo aku lupa naruh kaos kaki di mesin cuci. "Taaasyaaa.. kaos kaki nya jangan di taruh sembarangan macam begini! kamu itu cewek ! mesti rapih dong. Jangan jorok kayak gini ! " wah, omelan mama bisa bertaahan tujuh hari tujuh malam.
       Dan, setelah aku beranjak jadi ABG, mama semakin menunjukkan sikapnya yang dominan dan otoriter. Banyaaak banget aturan yang dia bikin. Aku harus pakai jilbab ! aaaaaarrgh !! Tahu sendiri kan, surabaya itu kayak neraka bocor! panasnya minta ampun. dan mama dengan semena mena menyuruhku untuk memasang hijab di atas kepala/ harus pakai rok panjang. kalau pun celana harus pilih yang longgar dan nggak boleh celana jeans. haduuuh aku bener2 kayak "kurungan ayam"
      Oke. kuturutin apa perintah mama dan blabla lainya. termasuk, ketika mama bilang aku musti hati-hati dalam memilih teman. nggak boleh berteman dengan yang perilakunya tidak islami. maksudnya apa cobak ?? mama ku bener2 deh. islam garis keras !!
      Makanya, pas aku mau ikut ekskul basket, mama menasehatiku panjang lebar. alasanya ? nanti kamu bakal campur baur dengan cowok2. cari ekskul lain yang lebih aman sajalah..
     Aaaarrrghh !! AMAN ? emangnya ekskul basket ngajarin kita megang pistol ? Ya jelaslah, ekskul basket itu ekskul teraman damai sentosa di dunia !
     Aku coba bernegosiasi "Ma, kalo aku ikut ekskul basket ntar bisa ikut kompetisi keren dan bisa di kirim ke Amerika.. plis ya maa"
     Alis mama langsung mengkerut. "Aduh jangan deh, kalau ke Amerika itu masuk kategori shafar alias perjalanan jauh. harus ada mahramnya. lagian ikut basket itu mudharatnya lebih banyak. kalau kamu loncat2, itu badan kamu mendhul2 dan goyang semua. bisa "nyetrum" para cowok!" Aaaaarrrgghh !!!
     Tuhan, boleh request ganti mamah nggak??

***

26 Juni 2013

Dear Diary, belum bosen denger curhatku kan?

    Setelah menolak mentah2 ideku buat ikut ekskul basket, mama menawarkan solusi ekskul lain yang menurutnya "aman", islami, dan bisa bikin aku jadi sosok muslimah yang lebih baik. Ekskul apakah ituu?? SKI sodara2 !!!
     Huh. Udah disiksa dengan baju ala kurungan ayam ini, sekarang mama kasih gagasan enggak banget. Aku kan sering papasan sama mbak2 mushala. Eh maksudku kakak kelasku yang pada ikut ekskul SKI. Yeah biar gaul begini aku tuh selalu sholat duhur dan ashar di sekolah loo.
     Nah, saban ketemu mbak2 itu, aku rasanya eneg banget. Gaya mereka sok alim. jilbabnya segede gaban. Trus kayaknya mbak2 itu kagak bedakan deh. mukanya pucet banget! dan setiap ketemu  cowok mereka milih buat nundukin pandangan. Ngomong ama mas2 anggota SKI aja harus pake apa ituu.. kain ijo gitu deh.. yang jadi partisi di antara mereka. Bilangnya sih, harus ada 'hijab' kalo pengin ngomong antara ikhwan dan akhwat. halaaah apaan siih
     Mama nyuruh aku buat gabung ama komunitas gak gaul blas itu. males2an deh aku ikut kegiatan mbak2 SKI. Yang kajian Tafsir Al Quran lah, Riyadhus Sholihin lah, Asmaul husna lah, bahkan kita suruh ngapalin AL Quran !! Glek..
     Seumur2 nih ya, aku cuman pake surat Qul huallahuahad, An Nas, Al Falaq. O iya. Ada lagi. Wal asri atau ina a'toina. kan biar sholatnya cepet gitu. lah sekarang aku di tuntut buat ngapalin surat2 panjang kayak An Naba' ! An-Nazi'at ! Al-Muthofifin ! Gubrak ! pusiiing deh pusiiiing
     Aku udah pasang tampang manyun aja saban di suruh setor hapalan. apa sih istilahnya... anu Muroja'ah. Jadi kita di bikin kelompok2 ngaji gitu deh. trus ada mbak2 yang tugasnya ngedengerin hapalan kita. Atau ngebenerin kalau kita nyebut hurufnya nggak pas. rempong abis deeeh..
      Hari2 pertama gabung di SKI, udah jelaslah aku ngerasa tersiksa. Bacaan Quran ku masih banyak yang harus di perbaiki. Aku belum bisa bedain bunyi huruf dal, dzal, atau za'. apalagi ta'. tho, dhlo' . Podo kabeh. Tapi, herannya, biar aku salah2 melulu, mbak2 itu nggak pernah ngomel loh. Mereka nasihati aku dengan Saaaabaaaaaaarrr banget. Selalu senyum. mukanya yang nggak pernah di bedakin itu, justru terlihat amat bercahaya.
      Suatu ketika aku tanya nih si mbak, eh Ukhti Novi pake BB cream apa sih ? atau salon nya di mana ? Dengan tersenyum maaaaanniiiisss banget dia jawab " Hiasi wajah kita dengan wudhu, In Syaa Allah bakal lebih kelihatan alami ketimbang ngabisin duit buat perawatan di salon"
       Aku langsung "nyungsep" deh. Malu banget. ternyata sesederhana itu rahasianya? selain rajin wudhu, ukhti2 itu juga kelihatan ikhlas.. mereka tuh sebenernya kan bisa seneng2 yak, mumpung masih remaja. tapi, mereka malah milih buat ngajarin al Quran. Mengajak adik2 dan rekan sebaya mereka untuk lebih mengakrabi kitab suci. Lalu menceritakan kisah seputar Nabi dan perjuangan para sahabat. Awalnya aku ngerasa, iiiihh pasti ngebosenin abis lah dengerin kisah2 jadul. mendingan update soal Super Junior kaleeee..
       Eh, tapi para aktivis SKI itu bisa mengemas "sirah nabawiyah" dengan menarik banget loh. Kadang mereka bela2in download film "Omar" di youtube. Trus di puter deh pas kajian. Lalu kita di ajak merenungi perjuangan Umar bin Khattab dan para sahabat. Lalu kita di ajak berdoa bareng. Memohon pada Allah supaya kita juga di berikan jiwa dan spirit untuk ikhlas berjuang mendakwahkan islam. Mirip spiritnya Rasul dan para sahabat. 
       Ngemeng2 selama hidup ini, kita udah ngorbanin apa aja buat kejayaan Islam? Atau kita justru jadi bagian iknum muslim muslimah yang malah malu2in islam ? Ngaku nya ber Laaillahailallah.. tapi saban hari kerjaannya bergalau2 di twitter facebook. Ngakunya orang islam, tapi ga peduli kalo tetangga kena musibah. Ngaku nya orang islam tapi sifatnya Nyebelin, bikin orang naik darah melulu. Ngakunya islam tapi nggak mau sholat, pelit di ajak sedekah. Hiks. Berasa di tampar deh..

***

30 juni 2013

      Dear Diary...,
      Seiring berjalannya waktu, aku menemukan keasyikan gabung di SKI. Yang tadinya cuma sholat wajib (itu pun untuk menggugurkan kewajiban aja) sekarang aku udah rajin sholat sunnah dhuha bahkan tahajud. Ukhti Wida tuh saban jam 3 pagi misscall aku buat bangunin tahajud. Walnya beraaaaat banget. Kasur sama selimut Winnie the Pooh ku manggil2 terus buat bobok lagi. ngaaaantuuuuk bangeeeet..
      Tapi bismillah, aku kuatkan niat buat bisa tahajud. 
"Dan pada sebahagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji" - QS. Al Israa' ayat 79
      Wajah2 ukhti yang berseri2 berkelebatan di kepalaku. Alhamdulillah atas seizin Allah aku bisa melawan kantuk dan tahajud. Yeaayy !!
      Dan sekarang aku keranjingan banget buat memperdalam tafsir Al Quran. Kalo dulu aku alergi banget ngapalin Al Quran, sekarang aku punya target sehari 5 ayat. Laa haula wala quwata ila billah....
      Herannya nih, setelah hobi ngapalin al Quran aku kok malah makin semangat belajar yak ?  Rumus matematika, fisika yang biasanya bikin kepala botak dan alis rontok ituh sekarang malah keliatan kayak teks lagu. Gaaaammpiiillll banget. Nilai2 ulangan ku jadi membaik. yang dulu aku rengking 17 sekarang naik drastis ke rangkin 3.
      Guruku juga senang dengan perkembangan akademisku yang kian pesat. Teman sekelas pada kepo, nanyain mana metode belajar dan kita yang kupakai saban mau ulangan. aku jawab lugas " Ikut SKI aja. In Syaa Allah kakak2 SKI bakal ngajakin kita untuj lebih dekat dengan Islam. Ini berimbas pada semangat belajar kita yang meningkat. Pada akhirnya belajar itu dianggap sebagai kebutuhan, bukan kewajiban. Kita butuh belajar sama halnya kita butuh makan atau minum. Nilai bagus itu jadi bonus deh"
      Ciiiyeeee bijak bnget yak jawaban akyuuu//

***

10 Juli 2013

     Dear Diary...

Well, well,well.. dari curhatanku ini aku cuma kasih tau sesuatu : BAHWA MAMA ITU SOSOK VISIONER #ceileh, bahasanyaaa

Iya loh, mama itu bisa tau apa yang terbaik buat aku. Sometimes, mama emang keliatan ngeselin. tapi lihatlah kebaikan yang ada di balik pesan2 yang mama sampaikan. Mama selalu ngajarin aku untuk jadi sosok yang lebih baik. Lebih rapih, leboh sabar, lebih santun, dan leboh kaffah alias lebih utuh dalam ber Islam.
Terima kasih ya Allah. Telah menjadikan aku, anak dari mama ku. Aku nggak mau ganti mamah lagi ah..
Buatku, mamaku adalah sosok orang tua, sahabat, dan panutan yang asyik dan nggak ada duanya. Biar mama keliatan bawel, cerewet, dan ngeselin, aku tahu kalau semua yang ia lakukan itu demi kebaikan ku..

Astagfitullah.. abis ini aku mau minta maaf ah ke mama. selama ini aku sering su'uzon ke beliau. padahal mama ku adalah mama juara satu di seluruh dunia.
Love You so Much , Mom !!


Source : Nurul Hayat Edisi 116 september 2013

Komentar

  1. blognya dek rossi to ini?? hahah sip sipp nice article sist :)

    BalasHapus
  2. hehehe iya mas.. makasih banyaak.. semoga bermanfaat :D jangan bosen2 buka yaaa ^^

    BalasHapus
  3. sipp sipp dek :) semoga blognya lancar dan makin ramee :) suksess

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The New Blog

Dedicated for My Lovely Brother and Sister

Buat dua kakak ku tercinta : Afif Imaduddin dan Irfani Fithria Ummul Muzayanah ----------------------------------------------------------- Salam dari adekmu, Rossi Rizki Bestari.. Aku tau nggak semua orang beruntung bisa punya kakak laki-laki dan kakak perempuan. di tambah status menjadi adek paling bungsu. Dan menjadi adek kalian adalah suatu anugerah takdir tersendiri yang paling indah. Kira kira "hampir" 18 tahun yang lalu aku hadir dalam keluarga ini. Keluarga yang di ketuai oleh seorang imam yang cerdas dan tangguh beserta wakil ketua seorang wanita shalihah yang perkasa. Kini silsilah pohon kehidupan itu semakin bercabang dan semakin berkembang. Yang mulanya hanya terdiri dari 5 orang anggota inti, sekarang sudah ter'register' 4 anggota inti baru. Dan in sya Allah masih akan ada anggota-anggota inti baru lagi yang akan bergabung di kemudian hari.

Roda Hidup Terus Berputar

" Roda-roda terus berputar... Tanda masih ada hidup..." - Song Liric Ya, roda hidup memang teruslah berputar.. tanda kehidupan kita memanglah masih "hidup".. Melihat definisi "hidup" sendiri, kita bisa mengetahui bahwa hidup adalah suatu dinamika. tidak ada dinamika, tidak hidup.. Hidup itu bukan stagnansi. Hidup itu adalah proses yang berkesinambungan.. Dan proses adalah suatu pergerakan.. Gerakan adalah perpindahan posisi.. Perpindahan posisi berarti perpindahan kedudukan.. Dari titik awal ke titik selanjutnya.. Sebuah petuah dari saya, untuk kita semua.. Termasuk untuk saya sendiri terutama.. Bukan sebagai tindakan "sok menggurui" namun sebagai tindakan "saling berbagi" Untuk yang merasa sedang berada di atas, dan untuk yang merasa sedang berada di bawah.. Ingatlah kata2 kausatif saya di paragraf 1.. bagai mana hidup itu terkait dengan perpindahan dari satu titik ke titik selanjutnya.. Roda berputar bukan berarti kita akan s