Langsung ke konten utama

Saingan atau Teman Seperjuangan ?

Ini entri nya curhat banget... banget dah.. tapi curhatnya para pejuang tes yang merasakan pahit getirnya di tolak mentah-mentah sama snmptn undangan.. curhatan peribadi.. usul ajasih usul, yang lolos undangan jangan bukak.. meski udah free udah tinggal nunggu tanggal masuk kuliah.. ataupun kalo kurang kerjaan, nyapu2 aja jangan baca entri ini.. I have warned you~

27 mei 2014
Hari deg-deg an nya mayoritas siswa di seluruh indonesia.. karena hari ini ibaratnya kita bakal dipisahkastakan.. jadi kasta kelas 1 karena warisan orang tua atau jadi kasta kelas 1 karena perjuangan mobilitas sosial.. tau lah yang gw ibaratin warisan itu yang mana ya kan? ya itu salah satu alasan kenapa yang lolos undangan gausah baca entri ini.. yang terlanjur baca sampe sini gw saranin stop aja.. tombol close ada di pojok kanan atas.. silakan gw tunggu 5 detik dari sekarang..
1
2
3
4
5

dah?
oke sekarang kita anggap yg baca semuanya adalah yang merasakan perjuangan SBMPTN dan tes-tes yang lain.. jadi kita curhatnya bisa los gitu..

Dimulai dari 27 mei 2014 yaitu pengumuman snmptn.. jujur dari gw pribadi sebelumnya gw tenang2 aja menanti pengumuman.. tapi beberapa hari sebelum pengumuman hati gw tiba-tiba gundah gulana setiap hari.. gw di hantui ketakutan akan kegagalan di jalur ini karena jujur sejujur-jujurnya semakin gw belajar buat SBM semakin gw pengen lolos undangan..

Hiks, tapi takdir berkata lain.. hari itu gw minta mas buat bukak web snmptn.. gw gk berani buka sendiri.. di awali dengan kakak gw salah masukin taun yg harusnya 199* jadi 1996 (ya bukan kali pertama org ngira gw kelahiran 96 bahkan oleh kakak kandung gw sendiri) . tapi apalah arti itu semua kalo pada kenyataanya yg gw lihat di hasil pengumuman itu adalah tulisan merah bertanda gw gk lolos..
untuk beberapa detik gw termenung.. mencoba menguasai diri bahwa ini adalah kenyataan dan bukan nightmare.. tapi setelah gw menguasai diri bukannya gw tegar malah ait mata gw mengucur deras di atas pipi tembem gw.. tapi itu cumak 10 menit kok.. ayah gw tercinta menenangkan gw dan berkata 1 kalimat yang membuat gw berhenti nangis seketika "pun, ojo di tangisi.. ngko nek mbok tangisi jalan-jalan sg laine malah gagal kabeh" gw jleb juga sih.. kata2 itu menusuk bgt.. gw takut kata2 itu jadi kenyataan.. dan al hasil sejak itu gw gk pernah lagi nangisin snmptn.. setiap gw berkaca-kaca gw pasti tahan sebisa mungkin dan gw gk pernah nangisin itu lagi.. miris.. padahal abis itu ayah gw bilang lagi "yowes nangis nangiso boleeeeh" -___-"zz

PERJUANGAN DI MULAI

Seminggu sudah gw genap bolos intensif SBM di GO.. ya 2 hari terakhir buat promnight yang unforgetable gitu hehehe.. sampe-sampe temen gw ngira gw ikut intensif IPC dikiranya seminggu kemaren gk masuk gara2 ikut yang IPA.. jujur aja gk kuat otak gw suruh nelen IPC..

Dan di sinilah perjuangan gw dan teman-teman IPS dan teman-teman murtad ke IPS berawal..
Sebelum pengumuman snmptn kita les nya nyantai abis.. tapi pasca penolakan snmptn terhadap kita, les jadi lebih efektif dan serius.. apalagi jadwal tambahan selalu penuh oleh pejuang-pejuang yang haus akan materi SBM.. gw gk pernah sih sekalipun ikut tambahan.. yaa bukan berarti gw gak haus akan materi tapi lebih ke menyayangi otak tercinta gw yang udah bekerja seharian.. fisik gw juga gampang rapuh kalo gw terlalu forsir bolak balik sulawesi-madiun.. harus nyebrang lautan dan menahan hempasan gelombang *lebay.. yaudah akhirnya gw putuskan untuk mengatasi kehausan gw sendiri..

di GO ini.. eh bukan bukan jangan tekan kan di GO nya.. gk penting.. tekankan di kegiatan intensif SBM nya.. di sini gw belajar banyak hal dari berbagai karakter orang.. lebih gampangnya hidup gw berbalik 180 derajad dari yang setiap hari ketemu anak IPA unggulan bin so serious.. jadi ketemu arek-arek IPS yang nyantai, lebih fleksibel, tapi cas cis cus jawab soal dan ya serius juga.. gimana ya.. ya gitu.. santai tapi pinter2 mereka.. gw juga salut.. maka dari itu gw ambil pelajaran bahwa itulah pentingnya bertemu orang2 baru.. pikiran kita jadi lebih terbuka..

Hari berganti hari, dan setiap hari aku bertemu mereka.. yang welcome dan selalu ngajarin aku kalo aku gk bisa.. ya banyak gk bisa nya sih.. tapi kalo aku nya nggak paham mereka baik banget mau ngajarin dengan sabar.. gw masih kebawa mindset IPA gw yang saklek.. tapi di sini gw belajar berpikir universal.. segala sesuatu itu berhubungan dan penalaran itu gk sebatas untuk mencari rumus tapi untuk menghubungkan berbagai kejadian yang saling memengaruhi..

Dan ada sejuta hal yang mungkin gk bisa di ceritakan di sini.. hal hal indah yang tak terlupakan.. hal hal lucu yang bikin gw kangen.. dan hal hal lain yang merubah hidup gw.. mereka adalah pelajaran tersendiri bwt hidup gw.. dari mereka gw banyak belajar, dari mereka gw banyak mengambil kesimpulan hidup..

The day is coming

17 Juni 2014
Hari di mana kita berjuang melawan ratusan ribu orang dari berbagai kalangan.. bukan cuma lulusan taun ini tapi juga lulusan taun taun sebelumnya semua ada..
di SBM ini gw memilih tempat di surabaya.. semua tes gw lokasikan di surabaya..
gw ikutan formad bersama 71 orang lainnya.. di formad ini kakak kakak nya care banget dan merawat kita dengan sangat baik.. sangat bertanggung jawab dan super sabar..
Di hari SBM kita di anter pake angkot.. gw dan beberapa orang lainya kebagian angkot 5 yang rutenya ahmad yani sampe entah apa namanya pokoknya blusukan tingkat dewa..
gw kebagian yang di anter ketiga.. ya gk akhir2 banget dah.. tapi sayang nya gw sendirian.. di SMP kemala bhayangkari hanya gw seorang yang tes di sana dari sekian banyak anak madiun yang ikut SBMPTN.. sedih gw.. kek orang ilang..
Hari itu kita siap-siap buat SBM.. sekamar ada 5 orang yang 3 diantaranya anak IPA yang udah berangkat duluan pukul 5 pagi..sedang gw dan ush adalah 2 sisanya yang ikut IPS dan berangkat set 7..
karena berpikir bahwa hari masih pagi dan kita ngantuk berat, tak di sangka-sangkat kita ketiduran -__- gw kaget pas di bangunin ush "oss setengah 7 oss!" jantung gw berdegup kencang.. kita langsung siap-siap buat berangkat.. dan alhamdulillah alam terharu melihat perjuangan kita.. sampe sampe pagi itu hujan deres banget.. gw yang udah siap pake sepatu harus nyopot lagi dan berganti sandal.. al hasil kita naik angkot sandalan dan sepatu kita ada di tas -.- tapi syukurlah awan tidak terlalu melankolis pagi itu.. gw sampai di TKP hujan sudah reda dan gw sudah kembali memakai sepatu gw sebelum turun..

seturunnya dari angkot gw bingung.. masak gw mau lgsg ke ruang ujian.. toh gw udah survey tempatnya kmaren.. jadi gw putuskan berjalan-jalan.. nyari di mana kamar mandinya di mana mushola di mana koperasi.. kek orang linglung celingak celinguk.. di tambah pake ke sasar salah masuk ke lokasi SD yang notabene hanya terpisah pintu gerbang kecil untuk menuju ke sana -.-
di sini hujan kembali mengguyur.. gw cari tempat duduk.. lalu gw menelepon seseorang.. tak lama kemudian bel masuk berdering di TKP gw.. gw pamit sama seseorang itu dan kita saling menyemangati buat SBM masing2.. smoga sama2 bisa ngerjain dengan baik..

cerita belum berakhir sampai di situ, ketika gw tanda tangan LJK bolpen gw macet! dan gw cuma punya saatu doang.. gw sedikit panik dan bingung.. gw oret2 bolpen gw tak jua menampakkan isinya.. gw frustasi.. tapi gw mencoba tenang dan syukurlah pengawas gw berbaik hati meminjamkan bolpennya.. lalu gw nanya "ini sudah boleh mengerjakan?" - "belum, nanti ada bel panjaaang".. lalu gw belum ngerjain.. 10 menit kemudian jam sudah menunjukan pukul 10.10 tapi bel tak kunjung berdering.. dan peserta lain juga ada yg mulai mengerjakan.. gw bingung.. gw terlalu di takut2i bahwa SBM pengawasnya galak.. gw takut kalo gw ngerjain duluan di anggap gk patuh aturan.. tpi gw sudah membuang 10 menit gw.. dan akhirnya gw baru mulai ngerjain.. zzz

Ya gitu untuk ujian pertama TKPA.. lalu untuk TKD soshum gw lebih relax karena gw udah beli bolpen di koperasi sekolah dan gw belajar dari pengalaan untuk lgsg ngerjain gausah nunggu bel belan -.-

Akhirnya SBM berakhir.. gw antara lega dan gak lega.. lega udah selesai, gk lega gimana hasilnya nanti.. perut gw keroncongan maksimal.. untung gw bawa secuil roti.. tapi tetap kelaparan di tambah di samping gw duduk ada tukang bakso.. gw pengen.. tapi gw tetap stay elegant.. masak iya cewek berjilbab andok bakso di trotoar -.- kalo ada temennya gitu noprob..lha ini sendirian haduh -.- sejam gw bertahan menunggu angkot jemputan.. gw sudah mati gaya.. gw cuma bisa berkutat dg HP gw dan chat sama orang2..

sepulang di penginapan gw sama ush lgsg cari makan.. lalu packing dan pulang ke madiun.. kita udah rapi cantik siap berangkat.. eh bus nya telat berjam-jam mengakibatkan kita baru bisa brgkt jam 8 malam.. di tambah perjalanan madiun surabaya yang memakan waktu 7 jam.. -__- gw capek se capek capeknya sampe rumah jam 3 pagi.. lalu nuli yg bareng gw ikut ke rumah gw dan tidur di rumah gw sampek jam 6 pagi baru berangkat pulang naek motornya.. oh perjuangan SBM.. tak kan terlupa..

Pasca Perjuangan

Perjuangan kita belom berakhir.. gw masih punya test simak UI dan tes stan.. waktu tes simak, gw berangkat naek mobil dianter sama ibuk dan tante dan adek bayi keponakan gw tercinta.. perjalanan cukup lancar.. gw gunakan untuk selfie bersama adek gw dan gw gunakan sebagai DP bbm siang itu hehehe..

esoknya pas tes, lokasi gw di SMA al hikmah yang elit.. di sana gw ketemu anak bali bersama ibu nya.. lalu dia bilang kalo dia lulusan 2 tahun lalu.. gw udah cerita ini ke salah satu temen tp kek nya gw salah ngmg.. si mas dari bali ini entah siapa namanya sekarang kuliah di univ. sisingamangaraja.. tapi dia kepengen masuk ITB tp 2x gagal.. trus dia ikut simak juga dan belum beruntung sampe taun kemaren.. pilihan pertamanya kedokteran UI.. dia cerita kalo sebenernya dia di tawari untuk kuliah kedokteran di salah satu univ dengan syarat membayar sejumlah uang.. tapi dia menolaknya.. kata dia "ya kalo saya sih nggak mau di samakan sama mereka yang masuk karena uang.. saya nggak mau di sama in sama mereka.. saya pengen masuk lewat jerih payah saya sendiri" yagitu kira-kira.. gw salut sama mas berkacamata ini.. gak semua orang tahan godaan kek dia.. apalagi bertahan dengan suatu prinsip yang teguh.. 2 tahun berjuang bukan hal yang mudah.. gw salut banget dia bisa tetap tegar dan mau berjuang terus.. gk putus asa dan tetap semangat..

ada cerita juga dari teman yang tidak ingin di sebutkan namanya.. kira2 begini :
"aku kemarin sbm ngobrol sama lulusan 2012 dari Riau tapi agak pelosok.. nganggur 2 tahun demi ngejar UI, lalu berubah UGM,, tak tanya kenapa gk ke univ riau, katanya demu impian sekolah di universitas terbaik"
gw merinding bacanya.. betapa seseorang benar-benar mengalami jatuh bangun dan tetap tegap berdiri demi menggapai impiannya.. salut.. belum tentu gw bisa setegar dia..
lalu teman gw menambahkan :
"dan setelah itu, ribuan peserta yang aku gk kenal dan aku anggap sebagai saingan akhirnya aku anggap sebagai teman seperjuangan"

Konklusi Sementara

Bagi gw sekarang, gak keterima di snmptn adalah berkah tersendiri.. bukan lagi sesuatu yang mengecewakan.. bener kata teman, banyak hal positif yang bisa kita ambil lebih daripada sekedar lolos dan bahagia bersama teman-teman yang lolos undangan..
Dengan gk lolos undangan dan melewati berbagai tes ini gw sadar banyak pelajaran yang gw terima..
yang pertama gw bisa lebih lama berjuang dengan teman-teman les intensif gw dan lebih mengenal mereka.. gw jadi punya temen2 baru..
contohnya adalah teman IPS cantik yang barusaja bilang "eh ndisik asline aku pegel mbek koe lo oss goro2 we ketok sombong eram.. tapi saiki ora og, we baik ternyata.. yo ngono iku nek uwong rung kenal scr mendalam, spekulasi tok"
gausah bilang kek gitu gw juga udah tau sebenernya.. tapi dengan begitu gw lega akhirnya orang yang cuma mengenal gw dari omongan orang akhirnya bisa mengenal gw secara langsung dan bisa membuat opini mereka sendiri..
untuk yg sampai saat ini hanya mengenal gw dari omongan orang.. I'm sorry.. ya gini deh kalo wajah security, tapi aslinya hatiku hello kitty kok :p hehehe bukannya saya sombong.. tapi memang untuk suatu awal saya lebih terlihat pendiam.. dan saya orang nya gk pede an.. jadi bingung untuk memulai.. tpi at least kalo njenengan udah kenal insya Allah saya kebanyaan omong malahan hehehe .__.v

yang kedua, dengan ngobrol dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang, gw sadar kalo gw gk sendirian.. bahkan ada yang lebih gk beruntung dari gw.. dan gw juga tau kalo gak cuma kisah cinta gw yg complicated tp ternyata ada juga yang more complicated.. banyak obrolan yang mengantarkan gw jadi lebih dewasa.. bahwa setiap orang punya masalahnya sendiri.. dan kita gk boleh menganggap masalah kita itu yang paling sulit atau sebaliknya menganggap masalah orang lain itu sepele.. keep respect..

yang ketiga, gw jadi sungkan kalo males belajar.. karena gw tau ada ratusan ribu siswa di sana yang belajar mati-matian demi suatu tes.. mereka melakukan apa saja dan berjuang dengan gigih..

yang ke empat, bahwa keberuntungan itu tidak datang dua kali.. jika suatu kali kamu sudah merasa sangat beruntung, maka untuk yang kedua kamu harus berjuang keras..

yang kelima, bahwa sesuatu yang semakin sulit untuk di dapatkan akan membuat kita semakin bersemangat untuk memertahankannya semaksimal mungkin.. kita akan berjuang lebih keras karena kita taun untuk mendapatkannya kita butuh banyak berkorban..

dan yang terakhir saya suguhkan lagi quote dari teman :

"dan setelah itu, ribuan peserta yang aku gk kenal dan aku anggap sebagai saingan akhirnya aku anggap sebagai teman seperjuangan"

Konklusi Terakhir (Updated)

buat yang penasaran sekarang gw keterima di manaaa... nah dari cerita seputar pengalaman sbmptn dan snmptn di atas, sekarang gw mau kasi tau ending nya..

taraaaaaaaa

ALHAMDULILLAHIROBBILALAAMIIN
Sekarang gw resmi menjadi mahasiswa Ilmu Ekonomi UI 2014

mungkin nanti gw bakal kasi tau cerita seputar Ilmu Ekonomi UI.. baik itu tentang kuliahnya gimana atau pelajarannya apa aja.. terlebih lagi buat yang senasib alias berasal dari IPA..

Singkatnya begini.. 
gw juga baru masuk kuliah sekitar 1 bulanan sejak tgl 1 septermber 2014..
banyak banget kegiatan di FE..
Maklum lah FEUI.. Kata anak FE sendiri mah FE itu kepanjangannya bukan Fakultas Ekonomi, tapi berubah jadi Faculty of Event atau Faculty of Essay.. Gilee tugas-tugas ospek itu isinya suruh buat essay mulu dah.. taapi emang itu dia tujuannya, membiasakan kita untukt terbiasa bikin essay.. awalnya mungkin bingung essay itu apaan siih.. tapi nanti bakal di ajarin sama mentor ospek kita..
Trus kalo lu mau masuk FEUI, lu yang sekarang masih SMA atau mungkin SMP udah kepikiran masuk UI, tips yang pertama adalah improve englih lu semaksimal mungkin.. soalnya di sini nanti semua buku teks akan berbahasa Inggris.. bahkan ketika lu ambil kelas bahasa indonesia pun nanti soal-soal PR lu juga dalam bahasa Inggris..

Untuk review selanjutnya tentang tips dan trik masuk UI, trips dan trik masuk FEUI, dan tips dan trik seputar Ilmu Ekonomi UI, mungkin kalo ada yang pengen tau bisa komen minta dibuatin entri kusus buat itu.. hehe kalo engga yaudah..

tapi sebagai mahasiswa baru jurusan Ilmu ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, gw sangat bangga bisa menjadi bagian dari UI.. asli ! apalagi gw dapet UI karena lewat SBMPTN.. perjuangan banget tuh..
tapi mending kita bersusah-susah dahulu.. kerja keras itu gak akan menghianati kok !! semangat !!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The New Blog

Dedicated for My Lovely Brother and Sister

Buat dua kakak ku tercinta : Afif Imaduddin dan Irfani Fithria Ummul Muzayanah ----------------------------------------------------------- Salam dari adekmu, Rossi Rizki Bestari.. Aku tau nggak semua orang beruntung bisa punya kakak laki-laki dan kakak perempuan. di tambah status menjadi adek paling bungsu. Dan menjadi adek kalian adalah suatu anugerah takdir tersendiri yang paling indah. Kira kira "hampir" 18 tahun yang lalu aku hadir dalam keluarga ini. Keluarga yang di ketuai oleh seorang imam yang cerdas dan tangguh beserta wakil ketua seorang wanita shalihah yang perkasa. Kini silsilah pohon kehidupan itu semakin bercabang dan semakin berkembang. Yang mulanya hanya terdiri dari 5 orang anggota inti, sekarang sudah ter'register' 4 anggota inti baru. Dan in sya Allah masih akan ada anggota-anggota inti baru lagi yang akan bergabung di kemudian hari.

Roda Hidup Terus Berputar

" Roda-roda terus berputar... Tanda masih ada hidup..." - Song Liric Ya, roda hidup memang teruslah berputar.. tanda kehidupan kita memanglah masih "hidup".. Melihat definisi "hidup" sendiri, kita bisa mengetahui bahwa hidup adalah suatu dinamika. tidak ada dinamika, tidak hidup.. Hidup itu bukan stagnansi. Hidup itu adalah proses yang berkesinambungan.. Dan proses adalah suatu pergerakan.. Gerakan adalah perpindahan posisi.. Perpindahan posisi berarti perpindahan kedudukan.. Dari titik awal ke titik selanjutnya.. Sebuah petuah dari saya, untuk kita semua.. Termasuk untuk saya sendiri terutama.. Bukan sebagai tindakan "sok menggurui" namun sebagai tindakan "saling berbagi" Untuk yang merasa sedang berada di atas, dan untuk yang merasa sedang berada di bawah.. Ingatlah kata2 kausatif saya di paragraf 1.. bagai mana hidup itu terkait dengan perpindahan dari satu titik ke titik selanjutnya.. Roda berputar bukan berarti kita akan s